Tercepat di Nomor 100 Meter Putra, Lalu Muhammad Zohri Pecahkan Rekor PON -->

Tercepat di Nomor 100 Meter Putra, Lalu Muhammad Zohri Pecahkan Rekor PON

Senin, 16 September 2024, Senin, September 16, 2024


Sprinter asal KLU, Lalu Muhammad Zohri saat berhasil meraih medali emas ajang lari 100 meter di PON Aceh-Sumut 2024. 














MATARAM, BL - Sprinter andalan Provinsi NTB, Lalu Muhammad Zohri kembali meraih medali emas di PON Aceh-Sumut 2024. 


Tercatat, dalam perlombaan yang digelar di Sport Center Sumut, Minggu (15/9) kemarin, mahasiswa Undikma Mataram asal Kabupaten Lombok Utara (KLU) ini, berhasil menyumbangkan medali emas untuk kontingen NTB pada nomor lari 100 meter putra.


Sebelumnya, Zohri meraih medali emas di nomor lari 200 meter putra. Menariknya, torehan medali emas dari nomor 100 meter putra ini, menempatkan Lalu Zohri  memecahkan rekor PON yang diraih Mardi Lestari di PON Jakarta 1989


Zohri yang berada di lintasan 3 tampil maksimal sejak awal start hingga garis finish. Zohri meraih medali emas setelah menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 10,19 detik.


Sedangkan, medali perak direbut Adith Rico Perdana asal Jawa Tengah dengan catatan waktu 10,32 detik. Sementara, atlet NTB lainnya Sudirman Hadi menempati posisi ketiga dan berhak atas medali perunggu dengan waktu 10,38 detik.


”Dengan hasil ini, Zohri masih yang terbaik di Indonesia untuk nomor sprint. Kita doakan semoga Zohri bisa terus mempertahankan supremasinya terutama untuk PON 2028,” ujar  Ketua KONI NTB Mori Hanafi pada wartawan, Senin 16 September 2024. 


Menurut dia, raihan emas dari cabor atletik nomor lari 100 meter putra menjadi medali emas keenam yang diraih kontingen NTB di PON Aceh-Sumut 2024. 


Dengan raihan tersebut, Zohri berhasil memecahkan rekor PON di nomor yang sama cabor atletik.Dengan catatan waktu 10,19 detik di PON Aceh-Sumut 2024, 


Dikatakan Mori, bahwa cabor atletik NTB sampai saat ini sudah menyumbangkan tiga medali emas, dua medali perak, dan satu medali perunggu.


Sejauh ini, lanjut dia,  cabor atletik masih berpeluang meraih medali emas melalui Sapwaturrahman dari nomor lompat jangkit. 


Selanjutnya, Dian Ekayanti dari nomor 3.000 meter halang rintang, Rohani di nomor sapta lomba dan tim estafet putra 4x100 meter.


Karena itu raihan tiga medali emas, cabor atletik juga masih membuktikan sebagai cabang olahraga unggulan untuk provinsi NTB dalam mendulang medali. 


Adapun medali cabor atletik disumbangkan, yakni dari Lalu Muhammad Zohri dari nomor 100 meter dan 200 meter. Keduanya medali emas.


Selanjutnya, Sapwaturrahman dari nomor lompat jauh.Kemudian dua medali perak diraih atlet putri Rohani di nomor lompat jauh dan I Dewe Ayu Ita Aryanti dari nomor tolak peluru.Sementara satu medali perunggu diraih Sudirman Hadi dari nomor 100 meter.


"Insya Allah Untuk cabor atletik masih ada peluang medali emas lain. Dan tentunya, kita  berharap, target enam emas dari cabor atletik dapat tercapai di PON Aceh-Sumut 2024," tandas Mori Hanafi. (R/L..).

TerPopuler