Satu Data Desa Berbasis Regsosek 2024, Cara BPS Buat Desa Kumbang Menuju Desa Cinta Statistik -->

Satu Data Desa Berbasis Regsosek 2024, Cara BPS Buat Desa Kumbang Menuju Desa Cinta Statistik

Selasa, 10 September 2024, Selasa, September 10, 2024

 

Tim BPS Lombok Timur saat memberikan pelatihan intensif terkait pengelolaan data tingkat desa pada jajaran aparatur desa Kumbang. 












MATARAM, BL - Desa Kumbang, Kecamatan Masbagik di Kabupaten Lombok Timur (Lotim), Provinsi NTB dicanangkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai Desa Cinta Statistik (Desa Cantik), Kamis 5 September 2024.


Pencanangan sebagai Desa Cantik tingkat nasional melalui program Satu Data Desa berbasis Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2024, dalam rangka memperkuat kualitas data di tingkat desa sebagai dasar perencanaan pembangunan yang lebih tepat sasaran dan berkelanjutan.


Kepala BPS Kabupaten Lotim, Muhadi mengatakan bahwa Desa Cantik Kumbang dibimbing langsung oleh Tim Badan Pusat Statistik (BPS) kabupaten setempat.  


Menurut dia, Desa Kumbang mendapatkan pembinaan khusus terkait literasi statistik dan pengelolaan data berbasis Satu Data Desa Indonesia


Hal ini agar penyajian data yang akurat dan berkualitas dapat berlangsung di wilayah setempat. 


"Data ini akan menjadi dasar bagi kebijakan pembangunan desa yang lebih tepat dan berdaya guna bagi masyarakat. Pembinaan statistik ini merupakan bagian dari upaya kami untuk membangun kapasitas desa dalam menyusun data yang dapat dipercaya dan digunakan secara berkelanjutan," ujar Muhadi pada wartawan, Selasa 10 September 2024.


Ia mengatakan bahwa pembinaan ini difokuskan pada literasi statistik yang bertujuan untuk memperkuat pemahaman perangkat desa tentang pentingnya data yang valid dan terstruktur. 


Di mana, Tim BPS Lombok Timur, yang dipimpin oleh Lalu YuriAde Mulana, memberikan pelatihan intensif terkait pengelolaan data di tingkat desa, terutama dalam implementasi konsep Satu Data Desa Indonesia.


'Melalui program ini, Desa Kumbang diharapkan mampu menghasilkan data yang selaras dengan standar nasional, yang akan digunakan sebagai dasar dalam perencanaan pembangunan baik di tingkat lokal maupun nasional," jelas Muhadi.


Sementara itu, Ketua Tim Pembinaan Desa Cantik, Lalu Yuri Ade Mulana, mengaku optimis terhadap potensi Desa Kumbang. Mengingat, desa setempat memiliki semangat dan komitmen yang luar biasa dalam mengelola data. 


"Kami yakin desa ini dapat menjadi Desa Cantik tingkat nasional, menjadi percontohan dalam penyelenggaraan statistik di tingkat desa, serta menghasilkan data yang berkualitas dan terpercaya," kata dia.


Menurut Lalu Yuri, terpantau pengelolaan data dilakukan dengan baik di Desa Kumbang. Dengan demikian, desa ini akan semakin diperhitungkan sebagai desa yang berkontribusi nyata dalam pembangunan daerah.


Karena itu, adanya dukungan BPS dan partisipasi aktif masyarakat desa, Desa Kumbang diharapkan dapat menjadi pelopor dalam pengelolaan data berkualitas. 


Terlebih, lanjut dia, program ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas data, tetapi juga untuk mendorong pembangunan yang inklusif dan berbasis pada kebutuhan masyarakat yang sebenarnya. 


"Desa Kumbang kini bersiap menuju capaian yang lebih besar sebagai desa yang berbasis data, berdaya saing, dan mampu menjadi inspirasi bagi desa-desa lain," tandas Lalu Yuri Ade Mulana. (R/L..). 

TerPopuler