Empat Hari, 2.581 Mahasiswa Baru Undikma Ikuti PKKMB 2024 -->

Empat Hari, 2.581 Mahasiswa Baru Undikma Ikuti PKKMB 2024

Selasa, 17 September 2024, Selasa, September 17, 2024

 



Rektor Undikma, Prof. Kusno didampingi Ketua Panitia PKKMB, Ni Ketut Alit Suarti saat menyematkan tanda peserta saat membuka PKKMB. 













MATARAM, BL - Sebanyak 2.581 mahasiswa baru Universitas Pendidikan Mandalika (Undikma) mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2024. 


Ribuan mahasiswa dari program sarjana dan diploma ini, mengikuti PKKMB selama empat hari yakni, mulai tanggal 15, 17, 18, dan 19 September 2024, dengan memedomani PKKMB yang diterbitkan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kemendikbud Ristek.


Selanjutnya, juga pedoman PKKMB Undikma Tahun 2024 (SK Rektor Undikma Nomor 1648/R/HK/UNDIKMA/2024.


Ketua Panitia PKKMB, Ni Ketut Alit Suarti, mengatakan bahwa mahasiswa baru yang mengikuti PKKMB setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan karena dalam tujuh tahun terakhir jumlah mahasiswa baru Undikma secara konsisten mengalami peningkatan.


“Salah satu kewajiban yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa baru adalah PKKMB yaitu kegiatan pemberian informasi akademik dan kemahasiswaan, informasi layanan dan fasilitas serta penyampaian materi umum tentang bela negara dan wawasan kebangsaan serta hal-hal penting lainnya yang perlu diketahui oleh mahasiswa baru dalam memasuki dunia pendidikan tinggi,” ujarnya dalam sambutannya. 


Menurut Wakil Rektor 1 Undikma ini, untuk narasumber PKKMB Undikma kali ini, yakni berasal dari internal dan eksternal yang sesuai dengan kompetensi materi yang akan disampaikan. 


Alit Suarti menegaskan bahwa PKKMB dilaksanakan dengan humanis. "Yang pasti, kegiatan ini, tidak boleh ada kekerasan dalam bentuk apapun. Semuanya dilakukan humanis," tegas dia. 



Prof. Kusno



Sementara itu, Rektor Undikma, Prof. Kusno dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada 2.851 mahasiswa baru yang mengikuti PKKMB. “Selamat bergabung menjadi keluarga besar Undikma,” ucapnya.


Guru Besar Bidang Pendidikan Matematika ini memberikan gambaran umum tentang bagaimana kehidupan kampus yang kondisinya berbeda dengan saat menjadi siswa di sekolah. 


Karena itu, Prof Kusno meminta para peserta yang mengikuti PKKMB ini, agar menjalankannya dengan serius. Sebab, kegiatan ini menjadi jembatan transisi dari suasana saat menjadi siswa ke dalam suasana menjadi mahasiswa. 


"Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mempercayai Undikma sebagai tempat belajar putra putri saat ini," tandas dia. (R/L..).

TerPopuler