Unggul di Survei ISS, Posisi Zulkieflimansyah jadi Petahana Pilgub NTB 2024 Masih Rawan -->

Unggul di Survei ISS, Posisi Zulkieflimansyah jadi Petahana Pilgub NTB 2024 Masih Rawan

Sabtu, 03 Agustus 2024, Sabtu, Agustus 03, 2024

 

Direktur ISS, Karyono Wibowo (kanan) bersama pengamat politik UI Mataram Ihsan Hamid saat menyampaikan hasil survei Potret Dinamika Terkini Pilkada NTB di Hotel Lombok Astoria, Jumat Petang 2 Agustus 2024. 













MATARAM, BL - Survei Indo Survey dan Strategy (ISS) menyebut elektabilitas Pasangan bakal calon gubernur (Bacagub) dan bakal calon wakil gubernur (Bacawagub), Zulkieflimansyah dan HM. Suhaili masih unggul bila dibandingkan para calon lainnya.


Berdasarkan data ISS menyebutkan bahwa Zul-Uhel unggul dengan persentase 29,7 persen di peringkat pertama, disusul paslon Sitti Rohmi Djalilah dan HW. Musyaifirin atau Rohmi-Firin dengan raihan 19,9 persen.


Berikutnya, paslon HL. Gita Ariadi dan HM. Sukiman Azmy atau Gassman diperingkat ketiga  dengan 16,3 persen. Serta, Lalu Muhamad Iqbal-Indah Dhamayanti Putri dengan raihan sebanyak 12,2 persen.


"Survei ini dilakukan selama lima hari, yakni 20-25 Juli 2024 dengan responden sebanyak 880 sampel dengan margin error kurang lebih 3,37 persen. Dan disitu, posisi tertinggi kami adalah Zul-uhel," ujar Direktur ISS, Karyono Wibowo saat menyampaikan hasil survei Potret Dinamika Terkini Pilkada NTB di Hotel Lombok Astoria, Jumat Petang 2 Agustus 2024. 


Menurut dia, dalam simulasi tiga paslon diluar empat paslon sebelumnya, nampak juga Paslon Zulkieflimansyah-Suhaili juga masih unggul dengan persentase 35,7 persen.


Disusul, paslon Gita Ariadi-Sukiman Azmy dengan raihan 23,6 persen dan paslon Iqbal-Dinda dengan raihan 18,6 persen.


"Serta, jika disimulasikan paslon Rohmi-Gita, Iqbal-Dinda. Juga paslon Zul-Uhel unggul dengan 31,2 persen,” kata Karyono.


Lebih lanjut dikatakannya bahwa dalam pertanyaan terbuka atau top of mind, Lalu Gita memperoleh 7,0 persen. Sementara di bawahnya ada Lalu Muhamad Iqbal dengan perolehan 6,4 persen.


Sedangkan, posisi tertinggi adalah Zulkieflimansyah dengan persentasi 14,2 persen disusul Sitti Rohmi Djalillah 8,1 persen.


Selanjutnya, untuk simulasi 20 nama, Lalu Gita 8,2 persen. Sementara Iqbal 5,9 persen. Bahkan, dengan simulasi empat nama, Lalu Gita masih ungguli Iqbal.


“Untuk simulasi empat nama, ada Zulkieflimansyah 27,4 persen, Rohmi 17,1. Kemudian Lalu Gita Ariadi 15,3 dan Lalu Iqbal 13,6,” papar Karyono Wibowo. 


Sementara itu, Pengamat Politik UIN Mataram Ihsan Hamid mengaku bahwa sedari awal dari sejumlah lembaga survei yang sudah merilis hasil mereka tercatat antara Zulkieflimansyah dan Sitti Rohmi Djalilah sebagai calon petahana di Pilgub NTB 2024, selalu unggul bila dibandingkan figur Bacagub lainnya. 


Hanya saja, elektabilitas tinggi yang diraih Zulkieflimansyah, perlu menjadi sebuah kewaspadaan. Sebab, akan ada titik jenuh pemilih yang akan berlangsung selama satu bulan hingga satu Minggu menjelang pencoblosan.


"Dengan angka 14,2 di pertanyaan terbuka atau top of mind. Itu rawan bagi Zulkieflimansyah apalagi persentase 29,7 persen di peringkat pertama itu rentan karena dia Zulkieflimansyah) berpredikat sebagai calon petahana yang seharusnya elektabilitas awal jika ingin aman adalah di angka 50 persen," ujar Ihsan. 


Ia menyebut dengan angka 30 persen para pemilih di NTB belum menentukan pilihan di Pilgub NTB, tentunya penetrasi isu hingga kinerja tim pemenangan dan relawan menjadi sangat vital. 


"Kalau masih seperti sekarang pola-pola kampanye yang dilakukan tanpa ada hal yang baru, maka paslon lain bisa potensial menggeser posisi Zulkieflimansyah," tandas Ihsan Hamid. (R/L..).

TerPopuler