Membanggakan, 10 Mahasiswa Teknik Unram Terpilih jadi Mekanik di Sirkuit Mandalika -->

Membanggakan, 10 Mahasiswa Teknik Unram Terpilih jadi Mekanik di Sirkuit Mandalika

Jumat, 30 Agustus 2024, Jumat, Agustus 30, 2024
Dekan FT Unram, Muhamad Syamsu Iqbal, bersama Direktur Pemasaran Porsche Sprint Challenge Indonesia, Indra Hendradi dan mahasiswa FT Unram saat memberikan keterangan persnya terkait kesiapan gelaran empat seri Porsche Sprint Challenge Indonesia 2024 di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Loteng













MATARAM, BL - Sebanyak 10 mahasiswa FT Unram terpilih untuk magang sebagai mekanik selama gelaran empat seri Porsche Sprint Challenge Indonesia 2024 di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng).


Hal itu untuk menindaklanjuti kerjasama yang sudah dijalin antara Porsche Sprint Challenge Indonesia dengan Fakultas Teknik Universitas Mataram (FT Unram) dalam program The Mechanic Challenge 2024.


Direktur Pemasaran Porsche Sprint Challenge Indonesia, Indra Hendradi mengatakan, Liga Porsche di Indonesia merupakan liga ke-34 di seluruh dunia. 


Negara terdekat dari Indonesia yang menggelar liga Porsche hanya Australia dan Jepang. "Ketika, lomba digelar di Sirkuit Mandalika, tentunya, kami ingin mengoneksikan dengan perguruan tinggi ternama di Lombok, yaitu FT Unram," ujarnya, Rabu 28 Agustus 2024.


Menurut dia, sebanyak 50 mahasiswa mendaftar program ini. Pihak Porsche melakukan seleksi internal dan wawancara. Akhirnya, sebanyak 10 mahasiswa lolos seleksi dan diumumkan pada Rabu, 28 Agustus 2024 sore. “Magang ini bisa membuka jalan bagi mahasiswa. Siapa tahu prestasi mekanik lokal bisa dilirik oleh tim Asia Pasifik untuk bekerja di industri balap,” kata Indra.


Lebih lanjut dikatakannya bahwa, ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi mahasiswa, sehingga bisa terpilih magang sebagai mekanik di Porsche Sprint Challenge Indonesia. Mahasiswa tersebut minimal pernah melakukan kerja praktik mekanik, seperti mengetahui peralatan dan dasar mekanika. 


Dalam kesempatan magang ini, mahasiswa juga akan mendapatkan materi dasar tentang mekanik. “Karena nantinya akan banyak interaksi dengan peralatan dan bongkar pasang,” ucap Indra.


Pihaknya juga menilai kemampuan berbahasa mahasiswa. Mahasiswa mengikuti tes wawancara singkat untuk seleksi kemampuan berbahasa asing. Mahasiswa juga dinilai dari keseriusan mereka mengikuti The Mechanic Challenge 2024.


Mahasiswa yang terpilih diminta memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Balapan terdekat akan digelar pada akhir pekan ini. Kemudian seri berikutnya akan digelar pada bulan Oktober, November, dan Desember 2024. Nantinya, para mahasiswa terpilih itu akan magang sebagai mekanik junior.


“Tahap pertama, mahasiswa akan mendapatkan materi secara umum. Berikutnya, barulah akan dilihat spesialisasi dari setiap mahasiswa. Mahasiswa akan lebih banyak membantu kepala mekanik. Jadikan kesempatan ini sebagai pintu masuk untuk mencapai akses lebih luas lagi,” jelas Indra.


Sementara itu, Dekan FT Unram, Muhamad Syamsu Iqbal, mengatakan bahwa, mahasiswa perlu mempersiapkan diri dalam segala bentuk kompetisi. Melalui kesempatan magang dari Porsche ini diharapkan kemampuan mahasiswa semakin terasah.


“Terima kasih kepada Porsche yang berkontribusi mencetak tenaga yang andal, dan lebih siap bekerja secara kompetisi dan mental. Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Porsche,” ujar Dekan FT Unram.


Menurutnya, mental kompetisi ini perlu dibangun oleh mahasiswa. Ia juga mengingatkan kepada mahasiswa yang magang berkewajiban menjaga nama baik institusi. 


“Mahasiswa harus punya target lebih besar,” tandas Muhamad Syamsu Iqbal. (R/L..).

TerPopuler