Bakal Dibanjiri Masyarakat Lima Kecamatan, Kongres Rakyat Alas untuk Tebalkan Dukungan Rohmi-Firin Siap Digelar -->

Bakal Dibanjiri Masyarakat Lima Kecamatan, Kongres Rakyat Alas untuk Tebalkan Dukungan Rohmi-Firin Siap Digelar

Minggu, 18 Agustus 2024, Minggu, Agustus 18, 2024

 

Masyarakat 10 Desa di Kecamatan Alas saat menerima pembagian 120 pieces baju training lengkap di sela-sela Roadshow Episode IV di kediaman Puto Neki Hendrata, salah seorang advokat di Kabupaten Sumbawa. 












MATARAM, BL - Roadshow Episode IV yang digelar Lembaga Kajian Sosial dan Politik M-16 di Pulau Sumbawa kembali menjadi ajang bagi warga menyampaikan aspirasi mereka kepada calon Gubernur dan Wakil Gubernur Hj Sitti Rohmi Djalilah dan HW Musyafirin atau yang dikenal Rohmi-Firin. 


Roadshow berlangsung pada Kamis, 15 Agustus 2024 malam, di Lingkungan Lenang Datu, Desa Dalam, Kecamatan Alas,  juga dibanjiri para tokoh masyarakat, tokoh perempuan, dan tokoh pemuda. 


Tercatat, kurang lebih 50 orang warga hadir di kediaman Puto Neki Hendrata, salah seorang advokat di Kabupaten Sumbawa.


Para peserta yang hadir dibagikan 120 pieces baju training lengkap dan bantuan kostum. Serta,  juga dibagikan pula 120 pieces paket bola voly lengkap dengan net. Termasuk juga paket sepak takraw juga dengan net, dan paket olahraga sepakbola antara lain kepada Perkumpulan Telaga Bakti dan Srikandi RF. 


Sedangkan untuk ibu-ibu dibagikan juga bantuan Jilbab Ijo.


Salah seorang tokoh warga setempat, Daeng Ako mengaku bahwa pihaknya sangat memberikan apresiasi pada pasangan Rohmi-Firin. Karena itu, ia berkeyakinan bahwa pasangan Rohmi-Firin akan mewujudkan apa yang diharapkan oleh masyarakat Alas dan masyarakat Sumbawa.


"Kebersamaan masyarakat Alas dengan Rohmi-Firin bukanlah fase yang singkat. Namun menjadi fase yang panjang yakni hingga lima tahun mendatang manakala Rohmi-Firin memangku amanah untuk memimpin NTB," ujarnya. 


Menurut Daeng Ako, pasangan Rohmi-Firin betul-betul pasangan yang serasi. Perpaduan pasangan dari Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa tersebut, adalah wujud kebersamaan masyarakat dua pulau yang telah terjalin dan terwujud semenjak dahulu.


“Lombok-Sumbawa memiliki hubungan emosional yang sangat kuat. Kita tidak beda. Kita tidak lain. Tapi kita satu. Dari jalur kekeluargaan, kita adalah satu,” tegasnya.


Lebih lanjut dikatakannya bahwa  sosok  Almagfurulahu TGKH Zainuddin Abdul Madjid, pahlawan nasional dari NTB, yang juga pendiri Nahdlatul Wathan. Serta, merupakan kakek Hj Sitti Rohmi Djalilah, memiliki hubungan emosional yang kuat dengan masyarakat di Pulau Sumbawa. Hubungan yang begitu terentang panjang dan terjalin begitu kuat.


“Harapan kami, insya Allah akan kita Jilbab Hijaukan Alas dan Pulau Sumbawa,” ucap Daeng Ako yang disambut gempita dan tepuk tangan meriah.


Sementara itu, warga Desa Dalam Fani yang merupakan salah satu lulusan perguruan tinggi, mengaku bahwa dirinya sempat berinteraksi secara langsung dengan calon Wakil Gubernur HW Musyafirin.


Fani menyebut Bupati Sumbawa Barat dua periode tersebut sebagai tokoh yang sangat welcome.


“Beliau memberikan bantuan kepada kami para mahasiswa sewaktu kami masih menempuh pendidikan,” kata dia.


Fani menyakini, seluruh masyarakat akan membalas kebaikan tersebut sebagaimana seharusnya.


Terpisah, Direktur M-16, Bambang Mei Finarwanto, mengaku bahwa pemetaan isu strategis dari masyarakat di Alas, sangat penting untuk mendukung kepemimpinan Rohmi-Firin ke depan.


Utamanya, dalam menyusun kebijakan dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Tidak diragukan lagi, Rohmi-Firin adalah pasangan calon gubernur NTB yang memiliki rekam jejak kepemimpinan yang teruji. Keduanya juga menunjukkan keseimbangan representasi kewilayahan dan gender.


Terkait pembagian Jilbab Ijo dalam roadswhow ini. Bambang menegaskan, warna hijau memiliki makna filosofis yang mendalam dan value tersendiri dalam pandangan Islam.


"Warna hijau, termaktub dalam Alquran QS. Al –Kahfi ayat 31 tentang bagusnya keindahan surga dengan pemandangan yang luar biasa, serta diisi oleh penghuni yang menggunakan pakaian hijau. Tafsir ayat tersebut, warna hijau menurut Islam dapat menggambarkan keindahan, kesuburan, dan kesejukan," jelas dia.


Menurut Bambang, secara psikologi, warna hijau juga dapat memberikan keseimbangan dan ketenangan bagi orang yang melihatnya. Emosi seseorang dalam mereda dan memunculkan keseimbangan ketika melihat warna hijau, dampak relaksasi juga terkandung dalam warna hijau untuk menurunkan stress seseorang.


“Warna hijau dapat membuat seseorang menjadi rileks dan segar, karena warna hijau identik dengan alam yang dapat membuat seseorang menjadi tenang sehingga baik untuk jiwa,” kata dia.


Bambang menambahkan bahwa usai roadshow episode IV ini, akan digelar Kongres Rakyat Alas untuk menebalkan dukungan masyarakat Alas kepada calon gubernur dan wakil gubernur Hj Sitti Rohmi Djalilah-HW Musyafirin. (R/L..).

TerPopuler