Siap Tampil di Sirkuit Mandalika, Tim Mandalika Desantara Unram Lolos Uji Inspeksi APME 2024 -->

Siap Tampil di Sirkuit Mandalika, Tim Mandalika Desantara Unram Lolos Uji Inspeksi APME 2024

Kamis, 04 Juli 2024, Kamis, Juli 04, 2024

 

Inilah Tim Mandalika Dewantara Unram yang akan tampil ajang balap mobil listrik tingkat dunia di Sirkuit Mandalika, Loteng, 











MATARAM, BL - Mobil hemat energi yang dibuat Tim Mandalika Desantara Universitas Mataram (Unram), dinyatakan lolos uji inspeksi dalam ajang Shell Eco-marathon Asia Pacific and the Middle East (APME) 2024 di Sirkuit Mandalika, Kamis 4 Juli 2024. 


Atas keberhasilan tersebut, Tim Mandalika Desantara Unram akan melaju ke tahap berikutnya yaitu race atau balapan. 


"Alhamdulillah, sudah lolos uji inspeksi, tinggal masuk ke trek," ujar Tim Elektrik Mandalika Desantara Unram Fahad Brahima di Sirkuit Mandalika Lombok Tengah (Loteng). 


Menurut dia, ada sejumlah perbaikan yang dilakukan dibandingkan tahun lalu. Mobil hemat energi Mandalika Desantara Unram memiliki kecepatan 47 km per jam dengan jarak tempuh 100 km lebih.


Fahad menegaskan bahwa prototype mobil hemat energi menggunakan sumber energi baterai elektrik ini memiliki bobot di bawah 100 kg. 


Hal ini sesuai ketentuan yang ditetapkan dalam ajang Shell Eco-marathon, di mana berat kendaraan tidak boleh lebih dari 100 kg.


"Kemudian mikrokontrolnya harus dibuat sendiri untuk baterai elektrical. Dari disitulah tantangan kita membuat itu. Di sini patokannya itu waktu dan efisiensi. Jadi kita berpacu bagaimana cara kita membuat mobil yang cepat tetapi hemat," jelas Fahad.


Menyinggung siapa saingan terberat dalam ajang balap Shell Eco-marathon Asia Pacific and the Middle East (APME) 2024 ini. Fahad menyebutkan bahwa Tim Semar Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi saingan terberatnya tahun ini. 


Terlebih, lanjut dia, Tim Semar UGM menjadi juara pada Shell Eco-marathon APME 2023.


"Sedangkan untuk tim luar negeri, yakni tim dari Negara Cina. Ini karena mesin yang mereka gunakan lebih kompleks dan menggunakan sistem recharge," ungkap Fahad. 


Ia menambahkan bahwa pihaknya menargetkan bisa masuk 20 besar dunia. Target itu dirasa tidak muluk-muluk melihat kesiapan para peserta dari sejumlah negara saat ini. 


"Paling maksimal target kita adalah 20 besar. Kita harap apabila lebih dari 20 besar pencapaian kita, kita juga bersyukur," tandas  Fahad.


Sebelumnya, Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, dalam sambutannya saat melepas tim Unram, mengungkapkan rasa bangganya terhadap tim Mandalika Desantara. 


Hal ini lantaran, kompetisi ini bukan hanya kesempatan untuk menunjukkan kemampuan teknik. Namun juga dapat  mengangkat nama Unram di kancah internasional. 


"Saya berharap mereka bisa meraih hasil yang terbaik dan membawa pulang kebanggaan untuk kita semua," tegas Rektor. 


Kompetisi Shell Eco Marathon Asia Pacific and The Middle East 2024 ini menjadi ajang bagi mahasiswa untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam merancang kendaraan yang hemat energi dan ramah lingkungan. (R/L..)..



TerPopuler