Lepas 1.313 Mahasiswa KKN, Rektor Unram Minta Potensi Desa NTB Harus Digali -->

Lepas 1.313 Mahasiswa KKN, Rektor Unram Minta Potensi Desa NTB Harus Digali

Selasa, 02 Juli 2024, Selasa, Juli 02, 2024

 


Inilah ribuan mahasiswa KKN Unram yang disebar ke 131 desa di Provinsi NTB












MATARAM, BL  - Sebanyak 1.313 mahasiswa Universitas Mataram (Unram) mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di 131 Desa.


Pelepasan mahasiswa KKN periode Juli-Agustus 2024 atau genap yang akan berlangsung selama 45 hari tersebut, berlangsung di Lapangan Rektorat Unram, Selasa 2 Juli 2024. 


Sedangkan, tema KKN kali ini difokuskan pada penggalian Potensi Desa Melalui KKN Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) untuk Membangkitkan Ekonomi Kreatif, Ekonomi Biru, Ekonomi Hijau dan Kesehatan Mandiri. 


Ketua LPPM, Prof. Dr. Ir Sukartono, M.Agr. mengatakan bahwa KKN Periode genap 2024 bekerja sama dengan beberapa mitra yakni Bank Indonesia, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Pendidikan Mandalika (Undikma), Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM), Universitas Nadhatul Ulama (UNU), Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat (Pemda KSB), Universitas Cordova (Undova), dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Bima.


"Pelaksanaan KKN periode genap 2024 kita bekerja sama dengan berbagai mitra yang pertama, Kantor Perwakilan Bank Indonesia dengan fokus kegiatan sinergi penguatan desa wisata di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika akan dilakukan di sepuluh desa serta Desa Pengembur untuk pengembangan pertanian berkelanjutan. Kedua, BKKBN dengan mengangkat tema kegiatan desa sehat mandiri untuk menekan angka stunting di sepuluh desa di Pulau Lombok dan Sumbawa. Selanjutnya, kolaborasi dengan UGM, Undikma, AMM, UNU, untuk pengembangan desa wisata berkelanjutan. Berikutnya Unram masih berkolaborasi dengan Pemda KSB, Undova, dan Pemda Kota Bima untuk tema Ekonomi Hijau dan Ekonomi biru,” jelas dia.


Disisi lain, Rektor Unram Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D dalam sambutannya sekaligus melepas mahasiswa KKN berpesan agar mahasiswa dapat memberikan kontribusi yang maksimal selama KKN.


Prof Bambang meminta agar mahasiswa fokus untuk melakukan penggalian potensi desa sesuai dengan tema masing-masing..


Selanjutnya, hal itu dapat diaplikasikan dan mencari solusi bersama dengan masyarakat. 


"Selain itu, kalian harus dapat memanfaatkan waktu selama 45 hari dengan maksimal. Berikan kontribusi sebaik mungkin untuk masyarakat agar target dan tujuan kalian tercapai," tandas Rektor. 


Pelepasan mahasiswa KKN periode Juli-Agustus 2024 ini secara simbolis dilakukan dengan pelepasan burung merpati oleh Rektor Unram, Kepala LPPM, beserta jajaran pimpinan dan dosen Unram. 


Sedangkan, distribusi kabupaten, pendistribusian mahasiswa KKN periode genap 2024 meliputi Kabupaten Lombok Barat dengan sebanyak 244 mahasiswa di 24 desa, KLU 201 mahasiswa di 20 desa, Lombok Timur 452 mahasiswa di 45 desa, Lombok Tengah 289 Mahasiswa di 29 desa, Sumbawa Barat 55 mahasiswa di 5 desa, dan Kota Bima 77 mahasiswa di 8 kelurahan.


Adapun fokus kegiatan pada kegiatan KKN PMD ini yakni Desa Digital, Desa Sehat Mandiri, Desa Wisata, Zero Waste, Desa Preneur, Pertanian Maju dan Berkelanjutan, Kemandirian Kesehatan, Desa Tangguh Bencana, Pendidikan, Hukum, Sosiologi, Sosial dan Humaniora. (R/L..).

TerPopuler