Kemendikbud Ristek Beri Penghargaan Unram Peringkat Ketiga Terbaik IKU 2023 -->

Kemendikbud Ristek Beri Penghargaan Unram Peringkat Ketiga Terbaik IKU 2023

Senin, 22 Juli 2024, Senin, Juli 22, 2024

 

Rektor Unram Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D (dua kanan) saat menerima penghargaan capaian terbaik ketiga IKU 2023 dari Kemendikbud Ristek

 






















MATARAM, BL – Universitas Mataram (Unram) meraih penghargaan peringkat ketiga terbaik nasional untuk Indikator Kinerja Utama (IKU) tahun 2023 Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum atau PTN-BH dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).


Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Dikti Ristek) Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, M.Sc menyerahkan secara langsung penghargaan tersebut pada Rektor Unram Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D di Hotel Intercontinental Jakarta pada Kamis malam 18 Juli 2024.


Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris mengatakan bahwa IKU, merupakan  parameter utama dalam mengevaluasi kinerja  PTN-BH di Indonesia.


Hal itu menyusul, semua cakupan aspek yakni, pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta tata kelola universitas dilakukan penilaian sesuai standar kualitas pendidikan dan komitmennya. 


"Jadi, dengan berhasilnya Unram meraih
peringkat 3 dalam IKU tahun 2023 ini. Tentunya, ini semakin mengukuhkan posisinya sebagai salah satu perguruan tinggi unggulan dan berprestasi di Tingkat nasional," ujarnya, Senin 22 Juli 2024.


Sementara itu, Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D, mengaku bangga atas capaian tersebut. Menurut dia, raihan penghargaan ini, merupakan hasil dari upaya kolektif seluruh komunitas akademik Unram.


Karena itu, Guru Besar Fakultas Pertanian ini, mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah berperan aktif dalam mencapai peringkat yang membanggakan ini. 


"Pencapaian ini memberikan motivasi besar bagi kami untuk terus meningkatkan pelayanan pendidikan dan penelitian yang berkualitas di Unram,” tegas Prof Bambang. 


Dalam acara yang juga dihadiri oleh sejumlah rektor dari perguruan tinggi negeri Badan Hukum (PTN BH), Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN BLU), serta perwakilan dari Satuan Kerja lainnya di Indonesia, Ketua IKU Unram, Prof. Muhammad Ali, M.Si., Ph.D, menambahkan bahwa pencapaian ini menunjukkan komitmen kuat Unram untuk terus berkontribusi dalam dunia pendidikan tinggi di Indonesia. 


"Jadi, atas raihan ini, tentu kami membutuhkan akan pentingnya kolaborasi antar-perguruan tinggi dalam memajukan pendidikan tinggi di Indonesia," kata Prof Ali. (R/L..).

TerPopuler