Dihadapan 1.227 Wisudawan, Rektor Unram Ingatkan Tantangan Era Revolusi Industri 4.0 -->

Dihadapan 1.227 Wisudawan, Rektor Unram Ingatkan Tantangan Era Revolusi Industri 4.0

Kamis, 04 Juli 2024, Kamis, Juli 04, 2024

 


 Salah seorang wisudawati Unram Periode Juli 2024, saat bersama keluarganya. 














MATARAM, BL - Sebanyak 1.227 orang mahasiswa resmi diwisuda Universitas Mataram (Unram) untuk periode Juli 2024, di Gedung Auditorium M. Yusuf Abu Bakar Unram, Kamis 4 Juli 2024. 


Ribuan mahasiswa yang diwisuda itu, terdiri atas 1 orang Doktor, 65 orang Magister, 1.025 orang Sarjana, 125 orang Diploma, dan 11 orang Profesi.


Tercatat, dari 1.025 orang sarjana itu, mereka beras dari 257 orang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), 99 orang dari Fakultas Pertanian (Faperta), 34 orang dari Fakultas Peternakan (Faterna), 158 orang dari Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), 308 orang dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), 114 orang dari Fakultas Teknik (FT), 36 orang dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), 3 orang dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), dan 16 orang dari Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri (Fatepa).


Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, mengucapkan selamat pada para wisudawan dan wisudawati yang telah berhasil menyelesaikan studi mereka.


"Mewakili civitas akademika Unram, selamat atas kerja keras saudara selama bertahun-tahun, menghadapi berbagai tantangan dan rintangan, suka dan duka, hari ini telah membuahkan hasil," ungkap Prof. Bambang dalam sambutannya. 


Menurut Prof. Bambang, bahwa tantangan para wisudawan di era Revolusi Industri 4.0, adalah bagaimana para wisudawan mampu melakukan pembelajar handal yang kompeten, cerdas, lincah, dan adaptif menangkap peluang.


Selanjutnya, harus siap menghadapi tantangan masa depan yang terus meningkat seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. 


"Untuk itu, saudara-saudara harus memiliki skill yang mencakup problem solving, kreatif, komunikatif, kolaboratif, berkarakter, memiliki leadership dan kepribadian yang kuat, serta berwawasan kebangsaan," tegas Rektor. 


Lebih lanjut dikatakannya bahwa Unram telah mengukir prestasi gemilang dan membanggakan di kancah nasional dan internasional.


Hal itu merujuk,  QS World University Rankings, Unram berada di peringkat 19 PTN terbaik di Indonesia. Sehingga, merupakan salah satu dari tiga universitas di Indonesia Timur yang masuk dalam daftar tersebut, bersama Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Universitas Udayana (Unud). 


"Dan, menurut Times Higher Education, Unram berada di peringkat 22 PTN terbaik se-Indonesia," ucap Prof Bambang. 


Ia menjelaskan bahwa Unram saat ini, telah mampu meningkatkan jumlah Guru Besar dari 62 orang pada tahun 2021 menjadi 97 orang pada tahun 2024. Serta, puluhan lainnya menunggu proses menuju Guru Besar. 


Selain itu, pihaknya juga terus meningkatkan jumlah mahasiswa internasional dengan membuka kelas-kelas internasional. 


Tercatat, pada tahun 2022 terdapat 57 mahasiswa asing yang belajar di Unram dan mengalami peningkatan menjadi 143 orang pada tahun 2023. 


"Dan, pada semester ini jumlah mahasiswa internasional Unram mencapai 75 orang dari berbagai negara meliputi Korea Selatan, Belanda, Jerman, Cina, Mesir, Malaysia, Prancis, Myanmar, Australia, Singapura, Malaysia, dan Jepang," jelas Prof Bambang. 


Rektor Unram menekankan bahwa wisuda bukanlah akhir dari segalanya, tetapi merupakan langkah awal untuk mengamalkan ilmu yang telah diperoleh. 


"Saudara-saudara adalah kebanggaan Unram. Jagalah nama baik almamater, di manapun anda berada dan bertugas. Jadilah agen perubahan bagi bangsa, melalui kerja keras, kreativitas, dan inovasi, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan kedisiplinan. Gunakanlah ilmu yang saudara miliki untuk membantu masyarakat, dunia usaha, dunia industri, pemerintah dan mitra lainnya dalam menyelesaikan permasalahan dan tantangan yang semakin kompleks di masa depan," papar  Rektor Unram berpesan.


Dalam kesempatan itu. Guru Besar Fakultas Pertanian Unram ini, mengutip pernyataan dari Thomas J. Stanley seorang pakar bisnis Amerika. Yakni, kesuksesan seseorang tidak ditentukan oleh IPK semata maupun almamater top tempat belajarnya 


Namun kesuksesan itu,  ditentukan oleh soft skill yang dimiliki seperti kejujuran, kedisiplinan, kecerdasan bergaul, kerja keras, cinta terhadap pekerjaan, leadership yang kuat serta kepribadian kompetitif dan kreatif. 


"Saya ucapkan terima kasih kepada orang tua wisudawan, para dosen, tenaga kependidikan, dan semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan pendidikan di Unram," ungkap Prof Bambang. 


Ia menambahkan bahwa dengan semangat dan bekal yang telah didapat, para wisudawan diharapkan dapat berkontribusi secara positif di masyarakat dan menjadi agen perubahan yang membawa kemajuan bagi bangsa dan negara.


"Kepada orang tua wisudawan dan wisudawati, saya menyampaikan selamat berbahagia atas keberhasilan putra-putri bapak dan ibu," tandas Prof Bambang. (R/L..).


TerPopuler