Konsulat Jenderal Amerika Serikat Siap Berkolaborasi dengan Unram -->

Konsulat Jenderal Amerika Serikat Siap Berkolaborasi dengan Unram

Rabu, 21 Februari 2024, Rabu, Februari 21, 2024

 

FOTO. Kepala Urusan Politik dan Ekonomi Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Indonesia, John McDaniel (kiri) saat bersama Rektor Unram Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D, 
















MATARAM, BL - Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Indonesia bersama Kantor Urusan Internasional Universitas Mataram (KUI Unram) menggelar diskusi potensi kerjasama dalam bidang-bidang strategis, Rabu 21 Februari 2024. 


Kepala Urusan Politik dan Ekonomi Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Indonesia, John McDaniel hadir langsung dalam kesempatan itu.  Sedangkan, dari Unram, tampak Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum, Prof. Dr. Sukardi, M.Pd dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi, Prof. Akmaluddin, S.T., M.Sc.(Eng), Ph.D.


Selanjutnya, Kepala KUI, Prof. Ir. Dahlanuddin, M.Rur.Sc., Ph.D didampingi Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan, Irpan Siswandi, S.Sos., M.Si. Serta, para Dekan dan Wakil Dekan. 


Rektor Unram Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D, mengaku bersyukur  atas terlaksananya diskusi ini. Sebab, kunjungan pejabat dari Pemerintah Amerika Serikat, dirasa sangat jarang terjadi. 


"Jujur, kami sangat beruntung dan merasa terhormat atas kedatangan Mr. John McDaniel dari Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Indonesia,” kata dia dalam sambutannya. 


Menurut Prof Bambang, dalam diskusi ini akan dapat dibahas potensi kerjasama dalam bidang-bidang strategis. Yakni,  energi bersih dan terbarukan, akses layanan kesehatan yang lebih baik. Serta, pertanian dan kelautan. 


"NTB memiliki potensi besar dalam bidang pertanian, aquakultur, kelautan, dan juga dalam hal pariwisata karena kami kuat di sektor tersebut dan Unram memiliki program studi bidang pariwisata,” kata Guru Besar Fakultas Pertanian Unram ini. 


Sementara itu, Kepala Urusan Politik dan Ekonomi Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Indonesia, John McDaniel dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan oleh Unram. 


Terlebih, kunjungan ke kampus merupakan salah satu hal favorit yang sangat disukainya. Mengingat, ia akan bisa bertemu dengan mahasiswa dan berbincang dengan orang-orang yang melakukan penelitian yang luar biasa. 


"Salah satu hal yang dapat kami tawarkan adalah program untuk mahasiswa, dosen dan kunjungan dari Amerika tentang berbagai topik mulai dari bidang komersial, energi terbarukan sampai kebebasan untuk semua sumber bidang termasuk didalamnya kecerdasan buatan,” ungkap John.


Ia mengajak semua pihak untuk menggali peluang untuk benar-benar berkolaborasi. Salah satunya Universitas Mataram (Unram).


"Hubungan antara negara utamanya perguruan tinggi bisa dibangun asalkan terus terjalin kebersamaan melalui sebuah kerjasama bersama," kata John McDaniel. (R/L).. 

TerPopuler